Visi dan misi Bappeda Kota Payakumbuh

Visi Bappeda

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki, dan dengan mempertimbangkan potensi yang tersedia serta memperhatikan kondisi yang diharapkan, maka Visi Bappeda Kota Payakumbuh untuk lima tahun yang akan datang adalah :

“MEWUJUDKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH YANG TERINTEGRASI, INOVATIF, DAN BERKELANJUTAN”

Dari pernyataan visi diatas terkandung makna menjadikan Bappeda sebagai lembaga perencana profesional yang mampu melahirkan perencanaan yang memenuhi kaidah sebagai berikut :

1. Perencanaan yang terintegrasi, dimaksudkan bahwa perencanaan pembangunan Kota Payakumbuh disusun dengan menggabungkan kebutuhan melalui seluruh pendekatan (politik, bottom-up/ top-down, partisipatif dan teknokratik) dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku;

2. Perencanaan yang inovatif, dimaksudkan bahwa perencanaan bersifat fleksibel untuk mengadopsi inovasi – inovasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar pembangunan daerah menghasilkan perencanaan yang lebih baik kedepannya.

3. Perencanaan Berkelanjutan, dimaksudkan bahwa perencanaan yang disusun dapat dilaksanakan secara berkesinambungan antara periode sebelumnya dengan periode sekarang dan yang akan datang dimana periode sebelumnya menjadi dasar untuk periode berikutnya.

 

Misi Bappeda

Misi yang akan dicanangkan oleh Bappeda adalah :

1. Memantapkan penyelenggaraan sistim perencanaan pembangunan daerah yang partisipatif, implementatif, dan komprehensif;

2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan yang berkualitas dan bermanfaat;